Kamis, 22 Desember 2011

EFEK OBAT KOMBINASI


EFEK OBAT KOMBINASI

Untuk kesehatan seseorang tidak dapat dikompromikan dianjurkan untuk tidak mencampur obat antara mereka atau dengan zat lainnya, tanpa nasihat medis: alkohol, tembakau, obat-obatan terlarang, obat resep, obat bebas, obat herbal, suplemen gizi. Beberapa interaksi yang kecil, tetapi yang lain dapat berbahaya dan dalam beberapa kasus bahkan mengancam jiwa.

Bagaimana Interaksi Obat Bekerja?
Ketika obat ini dikombinasikan tiga efek yang mungkin dapat terjadi:
  1. Mereka bertindak secara independen satu sama lain: alkohol tidak mengganggu vitamin atau kontrasepsi oral, atau sebaliknya.
  2. Mereka satu sama lain karena mereka mempengaruhi otak dengan cara yang sama, baik karena konsentrasi obat meningkat di bagian tubuh tertentu. Sebagai contoh, alkohol dan antihistamin baik menekan sistem saraf pusat. Ini berarti bahwa kedua memperlambat fungsi sistem saraf pusat dan campuran keduanya dapat menyebabkan efek yang diharapkan dari obat, atau efek samping yang kuat (mengantuk ekstrim). Beberapa obat yang sangat berbahaya bila dicampur bersama-sama, karena beberapa efek mereka, dan cara di mana mereka mempengaruhi tubuh meningkatkan risiko efek samping atau overdosis.
  3. Mereka dapat membatalkan atau mengurangi efek dari masing-masing. Ketika obat dua memiliki konsekuensi yang berlawanan pada otak (misalnya, rasa kantuk yang disebabkan oleh alkohol kewaspadaan yang disebabkan oleh kafein). Ketika resep obat dicampur dengan obat lain atau alkohol, tidak mungkin memiliki efek yang  diiginkan.

Bagaimana Sering Apakah Orang Gunakan Interaksi Obat Berbahaya?
Beberapa orang mencampur obat dalam rangka untuk meningkatkan efek mereka atau mengkompensasi efek samping yang tidak diinginkan. Kombinasi obat-obatan yang dilarang adalah salah satu contohnya. Sering kali, orang mencampur obat yang berbeda tanpa mengetahui apa yang mereka lakukan. Ini terlihat terutama pada orang tua yang menggunakan obat resep. Misalnya, Anda tidak dapat mencampur alkohol dengan obat tidur karena kombinasi ini sangat berbahaya.
Interaksi Obat Kombinasi Dan Berbahaya
Kemungkinan komplikasi
  • Alkohol + Obat penenang (benzodiazepin seperti valium, Xanax dan Ativan): depresi sistem saraf pusat, kesulitan dalam koordinasi, koma, dan risiko tinggi overdosis dan kematian
  • Alkohol + Antidepresan (misalnya Prozac, Elavil, Nardil): depresi diucapkan dari sistem saraf pusat, tajam peningktan tekanan darah yang dapat menyebabkan pendarahan otak dan kematian.
  • Alkohol + Antibiotik (terutama metronidazol, tinidazol, furazolidon (Furoxone), griseofulvin (Grisactin), eritromisin, linezolid, kotrimoksasol dan antimalaria): percepatan waktu reaksi, efek yang cepat, sakit kepala , detak jantung tidak teratur, tekanan darah rendah, sesak napas , mual dan muntah
  • Alkohol + Opiat Obat-obatan (heroin, kodein): parah depresi sistem saraf pusat, pernapasan dan bahkan kematian
  • Alkohol Tembakau +: setidaknya menggandakan efek dari tembakau, meningkatkan penyerapan racun berbahaya.
  • Alkohol + Cannabis: menguatkan efek dari ganja dan meningkatkan penyerapan racun
  • Alkohol + Stimulan: efek dari alkohol dapat bertopeng, tekanan darah meningkat, keadaan iritasi meningkatkan, meningkatkan risiko overdosis.
  • Alkohol + Resep obat: manfaat antibiotik dan obat lain yang dibatalkan, kram, mual, kejang, koma, muntah dan sakit kepala, lapisan lambung bisa iritasi, pendarahan grastrointestinal , dan dalam beberapa kasus bahkan kematian.
Di antara kombinasi yang paling berbahaya dapat terdaftar grastrointestinal
  • Fentanil Dan Heroin Atau Kokain - fentanyl adalah antara 50-100 kali lebih kuat daripada morfin. Dicampur dengan heroin atau kokain dapat menyebabkan denyut jantung tidak teratur, ketidakmampuan untuk bernapas dan kematian.
  • Warfarin Dan Aspirin - Dapat meningkatkan risiko perdarahan. Risiko ini jauh lebih meningkat ketika pil yang dikombinasikan dengan bawang putih.
  • Lisnopril Dan Kalium - dapat menyebabkan irama jantung abnormal. Kalium diresepkan untuk menyeimbangkan tingkat rendah mineral ini disebabkan oleh beberapa obat yang digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi.
  • Statin Dan Niasin - meningkatkan risiko kerusakan otot
Ketika obat-obat ilegal dan obat resep digabungkan, situasi sangat berbahaya dapat terjadi.

Efek toksik yang paling umum termasuk:
  • Kerusakan atau depresi sistem saraf pusat yang dapat berkisar dari rasa kantuk sampai koma
  • Depresi yang dapat menyebabkan kesulitan dalam bernafas
  • Jantung efek (perubahan dalam detak jantung yang dapat menyebabkan serangan jantung
  • Favors kejang onset
  • Efek psikologis seperti psikosis.
Cara Hindari Kombinasi Obat Berbahaya Dari
Satu-satunya cara di mana Anda dapat sepenuhnya melindungi diri Anda sendiri adalah untuk sepenuhnya menghindari pencampuran obat. Bila hal ini tidak mungkin, setiap orang harus diinformasikan mengenai obat yang mereka ambil dan bagaimana mungkin berinteraksi dengan obat lain. Sebelum obat apapun yang digunakan dianjurkan untuk meminta dokter atau apoteker Anda..
Setiap orang yang menggunakan obat harus:
  • Tahu apa jenis zat adalah menggunakan, untuk tujuan apa dan apa efek samping yang mungkin timbul.
  • Tanyakan kepada dokter atau apoteker Anda untuk informasi tentang campuran obat dari segala jenis (termasuk suplemen).
  • Diberikan perawatan yang direkomendasikan oleh dokter dan tidak oleh teman-teman dan keluarga.
  • Tidak meningkatkan dosis obat atau obat penghilang rasa sakit yang diresepkan oleh dokter dalam upaya untuk meningkatkan efek mereka.

0 komentar:

Posting Komentar